Membuat Simulasi Jaringan Web Server (Cisco Packet Tracer)

Masih Belajar Membuat Simulasi Jaringan dengan Cisco Packet Tracer,dimana pada kali ini saya akan belajar dan mencoba mempraktekan Bagai Mana Caranya Membuat  Simulasi Jaringan Web Server Dengan Cisco Packet Tracer.
Server web / Web Server dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban webPenggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.
Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.
Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.
saat ini umumnya server web telah dilengkapi pula dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.
Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam Waring Wera Wanua, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.

Ok itulah sedikit penjelasan tentang Web Server yang saya kutip dari Wikipedia.kalau kurang jelas temen-temen dapat mencari tau informasi tentang Web Server di google ,Sekarang disni saya akan mencoba Mempraktekan Bagai Mana Caranya Membuat  Simulasi Jaringan  Web Server Dengan Cisco Packet Tracer.

Pertama Buka Terlebih Dahulu Tools Cisco Packet Tracer, setelah itu coba temen temen buat simulasi 1 Server,dengan 4 PC Client Yang dihubungkan dengan menggunakan Switch dengan kabel Stright Seperti Gambar di bawah ini

Read more at: http://www.rukmanamulya.com/2011/10/membuat-simulasi-jaringan-client-server_25.html
Copyright www.rukmanamulya.com Under Common Share Alike Atribution
Langkah Pertama Buka Tools Cisco Packet Tracer dan buat simulasi Jaringan 1 Server dan 4 Client yang dihubungkan melalui switch dengan kabel straight seperti gambar di bawah ini :
Ok Apabila Temen-temen telah selesai Membuat Simulasi Seperti Gambar Diatas,Selanjutnya temen-temen Menyeting Server Agar dapat Berfungsi Sebagai Web Server.

Dobel klik pada Server dan Setelah itu masuk pada Menu Config dan arahkan pada Html,apbila temen-temen sudah mengerti tentang html,disana temen temen krasikan disana,disini saya hanya merubah tulisannya saja

 Setelah itu temen temen masuk pada Menu Desktop Di Server dan Setting IP Configuration

IP Adress    : 192.168.1.1
Subnetmask : 255.255.255.0

Setelah Itu Tutup Pengaturan Pada Server,Selanjutnya Kita Setting Pada Client.
Karna disini saya tidak membuat Server DHCP Sehingga Pada Tiap Tiap Client,kita Harus Setting IP Static

Klik 2 Kali pada komputer Client Setelah itu setting IP Nya Mengikuti IP Server

Komputer1 :  IP Address 192.168.1.2 Subnet Mask : 255.255.255.0 Default Gateway 192.168.1.1
Komputer2 :  IP Address 192.168.1.3 Subnet Mask : 255.255.255.0 Default Gateway 192.168.1.1
Komputer3 :  IP Address 192.168.1.4 Subnet Mask : 255.255.255.0 Default Gateway 192.168.1.1
Komputer4 :  IP Address 192.168.1.5 Subnet Mask : 255.255.255.0 Default Gateway 192.168.1.1

Ok Sekarang Pengaturan IP telah Selesai Sekarang Klik 2 kali pada komputer 1dan Buka Web Browser

Nah Setelah terbuka Ketikan IP Server 192.168.1.1 lalu Go


Kalo sudah Seperti gambar diatas berarti Temen-temen telah berhasil membuat Web Server



Artikel Terkait:


Category Article ,

7 Responses to “Rukmana Mulya”

Apa Komentarmu...???

Terimakasih telah berkunjung pada blog saya,silahkan buat temen-temen jika ada yang mau ditanyakan atau ada pembahasan yang kurang jelas,tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini...!!!